Categories:

Apa itu Psikologi Kognitif

Psikologi Kognitif adalah cabang ilmu pengetahuan dan biasanya dilihat sebagai disiplin inti dalam psikologi. Ini adalah salah satu cabang utama psikologi yang telah menghasilkan peluang kerja yang luar biasa bagi para calon. Ini umumnya berfokus pada masalah yang berkaitan dengan memori, pemrosesan informasi, proses berpikir, pidato, bahasa dan elemen lainnya seperti pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Individu yang membuat karier mereka di cabang psikologi ini disebut psikolog kognitif. Tanggung jawab utama mereka adalah untuk memeriksa proses mental internal seperti belajar, bahasa, persepsi dan fungsi memori. Pekerjaan mereka adalah untuk memeriksa bagaimana orang mengatasi masalah yang berbeda dan mengambil keputusan dengan menggunakan pengetahuan. Pekerjaan mereka kebutuhan psikologi pendidikan pada dasarnya menekankan pada bagaimana orang mengingat dan memproses informasi.

Sekarang ini adalah salah satu bidang utama dan disiplin inti psikologi yang telah menarik perhatian banyak anak muda Amerika Serikat. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir, psikolog kognitif telah menerima perhatian yang cukup dari para ilmuwan setelah mereka menyadari batas behavioris. Peluang kerja untuk psikolog secara konsisten meningkat dan akan selalu berlimpah selama kerusuhan individu, sosial dan ekonomi terjadi di masyarakat manusia.

Prospek karir

Gelar psikologi kognitif dapat memberikan banyak peluang untuk membuat karier di berbagai bidang pekerjaan. Sebagai psikolog kognitif, seorang individu dapat bekerja sebagai konsultan untuk organisasi pemerintah, pendidikan dan swasta. Menambah ini, hari ini ada banyak rumah sakit, ruang sidang, laboratorium, sekolah, universitas, penjara, pusat kesehatan masyarakat dan kantor perusahaan yang merekrut psikolog kognitif dalam jumlah besar. Selain dari bidang tradisional, dalam beberapa kali psikologi kognitif telah melihat pertumbuhan yang signifikan dalam bidang lain juga, seperti Konsultan Psikologi pengembangan perangkat lunak, interaksi manusia-komputer dan psikologi organisasi.

Selain itu, beberapa gelar karir umum yang dapat dipegang seseorang setelah menyelesaikan program psikologi kognitif adalah instruktur universitas, konsultan faktor manusia, manajer industri-organisasi, dan spesialis kegunaan. Jika seseorang tidak mau bekerja dengan organisasi apa pun, ia juga dapat bekerja sama dengan profesional lain seperti dokter, pengacara, staf sekolah, pakar komputer, insinyur, ilmuwan lain, pembuat kebijakan, dan manajer.

Outlook Gaji:

Penghasilan psikolog kognitif terutama berbeda tergantung pada posisi, tingkat dan pengalaman yang dimiliki seseorang. Menurut survei gaji di Amerika Serikat, gaji rata-rata level awal atau karyawan yang memiliki pengalaman kurang dari satu tahun menghasilkan $ 39.663- $ 61.076 per tahun, sedangkan para profesional yang memiliki pengalaman 20 tahun atau lebih menghasilkan $ 102.111 per tahun. Liburan dan bonus adalah beberapa manfaat tambahan yang dapat dinikmati psikolog kognitif tergantung pada organisasi.

Pelatihan diperlukan untuk menjadi Psikolog Kognitif:

Karir dalam psikologi kognitif membutuhkan banyak penelitian untuk mengumpulkan data dan statistik. Mulai dari pencitraan otak hingga pembacaan berbagai tes kuantitatif yang mengukur bakat dan perilaku, ini adalah profesi yang tentunya membutuhkan pelatihan yang tepat. Dengan demikian, untuk memenuhi persyaratan ini, hari ini banyak universitas menyediakan kesempatan untuk belajar psikologi kognitif dengan gelar doktor atau magister. PhD dalam psikologi kognitif adalah program yang mendalam dan biasanya tidak lebih dari empat hingga lima tahun. Terlepas dari ini, seorang individu mungkin juga perlu mengejar magang dengan psikolog kognitif yang berpengalaman sebelum memulai pekerjaannya sendiri.

Hari ini jelas merupakan salah satu dari beberapa pilihan karir dalam psikologi yang dapat memberikan Anda pertumbuhan pekerjaan jangka panjang dan imbalan yang berarti. Jadi, jika Anda memiliki kualitas yang diperlukan untuk menjadi psikolog kognitif dan menginginkan pekerjaan yang layak membayar, mendapatkan gelar master atau doktor dalam psikologi kognitif tentu saja merupakan salah satu cara terbaik untuk mengamankan masa depan profesional Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *